Tips/Trik

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Sign In

Cara mengatasi laptop tidak bisa sign in – Artikel akusatu.com kali ini, akan mejelaskan sedikit tentang, mengatasi laptop tidak bisa sign in. Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang penyebab laptop tidak bisa sign in. Adapun penyebab laptop tidak bisa sign in ialah karena update windows yang gagal, atau mungkin karena sistem windowsnya yang rusak, ada masalah dengan hardisknya, dan bisa jadi karena RAM dan juga hardwarenya yang bermasalah. Maka untuk itu anda bisa ikuti cara mengatasi laptop tidak bisa sign in berikut ini :

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Sign In

Cara mengatasi laptop yang tidak bisa sign in berikut ini bisa anda coba sendiri dirumah, tanpa harus membawa laptop anda ketempat service laptop. Berikut penjelasan tentang cara mengatasi laptop yang tidak bisa sign in :

  • Coba Restart Laptop

Coba restart laptop anda, silahkan anda tekan tombol power selama beberapa detik, sampai laptop tersebut benar-benar mati. Kemudian anda coba hidupkan kembali. Karena kadang-kadang power shutdown, failure ataupun terjadi perubahan pada hardware. 

  • Coba Lakukan Startup Repair

Coba lakukan startup repair, untuk Windows 10 kalau memang tidak bisa sig in berkali-kali maka akan ditampilkan blues creen Automatic Repair. Yang mana ada banyak sekali pilihan yang dapat anda coba. Maka hal yang paling sederhana yang bisa anda coba ialah dengan memanfaatkan menu Startup Repair.

  • Coba Hapus Aplikasi Yang Terakhir

Coba hapus aplikasi yang terakhir anda install. Karena bisa jadi aplikasi yang baru saja anda install ternyata membawa virus yang akhirnya menjadi suatu masalah untuk laptop anda. Maka untuk menghapus aplikasi, anda bisa masuk ke dalam safe mode terlebih dahulu, dengan merestart laptop anda, kemudian anda tingga buka Control Panel dan uninstal aplikasi yang terakhir yang anda instal. Setelah itu restart kembali laptop anda.

  • Coba Instal Ulang OS Laptop

Coba install ulang OS laptp anda, jika memang langkah-langkah diatas tidak juga berhasil. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti petunjuk penginstalan yang telah disediakan.

  • Coba Cek RAM Dan Hardisk

Coba cek RAM dan hardisk pada laptop anda, karena hardware yang sering bermasalah yaitu hardisk dan RAM, dan kalau ternyata laptop anda masih dapat masuk BIOS l, itu artinya RAM laptop tidak bermasalah. Anda bisa mengeceknya pada BIOS. Ketika anda sudah masuk BIOS, maka informasi RAM akan muncul yang mana merupakan kapasitas RAM yang digunakan oleh laptop anda. Jika sesuai dengan kapasitas RAM anda, itu artinya masalah tidak ada pada RAM.

Kemudian untuk pengecekan hardisk ini, sedikit lebih sulit. Anda bisa mencari tahu caranya di tempat lain ataupun anda juga bisa bertanya kepada teman anda yang mungkin bisa mengeceknya. Lalu setelah anda berhasil mengeceknya, kemudian memperbaikinya, kemungkinan masalah tidak bisa sign ini ini akan mudah teratasi. Namun jika tidak juga berhasil, silahkan anda coba menggunakan hardisk yang lain.

Nah, itu tadi penjelasasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi laptop yang tidak bisa sign in, sekian dan terima kasih ya. Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button