Aplikasi

Rekomendasi Free Tools AI Untuk Mahasiswa

Rekomendasi Tools AI Untuk Mahasiswaa – Tools AI untuk Membantu Tugas Mahasiswa ini sangat cocok untuk kamu yang suka bergadang lho. Biar kamu nggak terus-terusan begadang saat mengerjakan tugas, ada beberapa AI tools yang bisa sangat membantu kamu banget nih dan kerennya lagi hampir semua tools di bawah ini gratis dengan mengikuti minimum pemakaian perhari ya. Yuk simak sampai tuntas ya!

1. Perplexity AI

Tools Ai untuk mahasiswa yang peretama ialah Perplexity. Dimana tools AI ini akan memudahkanmu mencari informasi secara real-time. Sekilas mungkin mirip dengan ChatGPT, tapi sebenarnya berbeda, teman-teman. Perplexity AI memberikan jawaban yang lebih mudah dipahami dan komprehensif dibandingkan ChatGPT. Hasil pencariannya juga berdasarkan sumber yang kredibel, jadi kamu nggak perlu khawatir tentang keakuratan informasinya. Menariknya, Perplexity AI bisa memberikan rekomendasi pertanyaan relevan sehingga kamu bisa lebih dalam mengeksplorasi suatu topik atau informasi.

2. Humata.ai

Humata.ai juga mirip dengan Perplexity AI, menyediakan fitur tanya jawab instan dengan hasil pencarian yang akurat dan relevan. Salah satu fitur andalannya adalah PDF-assistant, yang membantu kamu mencermati isi jurnal dan memberikan jawaban berdasarkan jurnal yang sedang diulas. Sangat bermanfaat untuk efisiensi waktu, kan?

3. Writesonic.com

Writesonic adalah tool yang membantu kamu menulis artikel SEO friendly, email, blog, dan berbagai jenis tulisan lainnya dengan mudah. Dengan AI ini, kamu bisa menghemat waktu dalam mengerjakan tugas tulisan cukup dengan memasukkan keyword atau deskripsi singkat dari ide konten atau artikel yang ingin dibuat. Lalu, Writesonic akan menghasilkan artikel lengkap untukmu. Segera coba, ya!

4. Scite.ai

Kalau kamu sedang melakukan penelitian, Scite.ai bisa membantu mencari referensi. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci, dan Scite.ai akan menampilkan jurnal sesuai dengan kata kunci tersebut. Mudah sekali, kan?

5. Elicit.com

Elicit.com membantu menyelesaikan tugas penelitian yang memakan waktu seperti meringkas makalah atau mengekstrak data. Tools AI ini juga mempermudah kamu memetakan hasil penelitian yang relevan dengan penelitian yang sedang kamu lakukan.

6. Otter.ai

Untuk kamu yang sering tertinggal penjelasan dari dosen, Otter.ai bisa bikin tenang. Otter.ai mentranskrip rekaman audio menjadi teks dengan cepat dan mudah. Otter.ai juga terintegrasi dengan aplikasi online meeting, sehingga setelah meeting selesai kamu bisa mendapatkan poin-poin pembahasan dan tangkapan layar dari slide presentasi yang ditampilkan.

7. Wolfram Alpha

Kalau kamu sering pusing saat mengerjakan soal hitungan, website ini bisa jadi penyelamatmu. Wolfram Alpha menyediakan banyak fitur untuk memudahkanmu menyelesaikan soal matematika cukup dengan memasukkan pertanyaan. Wolfram Alpha akan menampilkan penyelesaian soal tersebut. Selain matematika, kamu juga bisa mencari jawaban dari berbagai persoalan mulai dari sains, ilmu sosial, hingga kesehatan pribadi dan keuangan pribadi.

8. Quillbot

Saat membuat tulisan ilmiah, kamu tentu harus lolos dari plagiarisme, kan? Nah, Quillbot bisa membantumu parafrase dengan banyak pilihan bahasa yang tersedia. Kamu juga bisa menggunakan tools ini untuk meringkas paragraf panjang, cek grammar, sitasi, hingga translate.

9. GPTZero

Walaupun banyak sekali tools ai yang bisa memabantumu dalam mengerajakan tugas kulih, namun tetap pastikan ya bahwa kamu gak cuman copy-paste aja. Karena ada tools GPTZero yang bisa mendeteksi tulisan kamu lho. GPTZero ini yang bisa mendeteksi apakah tulisanmu buatan sendiri atau AI. Cara menggunakannya mudah, kamu hanya perlu menyalin teks atau mengunggah file yang ingin dicek. Lalu, GPTZero akan menampilkan hasilnya dalam bentuk persentase.

Aplikasi untuk Mengatur Tugas dan Mengutip Referensi

Kalau pembahasan sebelumnya tentang tools AI untuk mahasiswa, sekarang ada beberapa aplikasi yang bisa banget kamu pakai untuk mengatur tugas-tugas dan memudahkan dalam menyitasi referensi yang kamu gunakan di tugasmu. Yuk, kita cek aplikasi-aplikasi berikut ini!

  • Notion

Selain menggunakan rekomendasi tools AI di atas untuk meningkatkan produktivitas, kamu juga bisa memanfaatkan Notion sebagai all-in-one workspace. Aplikasi ini dapat membantu kamu membuat catatan, to-do list, hingga kolaborasi kerja dengan teman-teman melalui fitur task dan project. Notion benar-benar bisa jadi sahabat setiamu dalam menyelesaikan berbagai macam tugas.

  • Zotero

Jika kamu sering berkutat dengan tugas tulisan seperti paper, Zotero bisa jadi senjata andalanmu. Aplikasi ini membantu membuat sitasi dengan gaya penulisan lengkap seperti APA, AMA, MLA, dan lain sebagainya. Jadi, sitasi yang kamu buat akan selalu sesuai dengan standar yang diinginkan.

  • Mendeley

Nah, pasti aplikasi yang satu ini udah ga asing lagi kan di telinga kita? Apalagi bagi seorang mahasiswa yang sering kali mengutip beberapa jurnal penting. Mendeley dapat membantu kamu dalam menyisipkan, menulis, sekaligus memformat sitasi dan daftar pustaka. Jadi, kamu tidak perlu lagi repot membuat daftar pustaka secara manual. Semuanya bisa diatur dengan mudah dan rapi.

Website untuk Membantu Tugas Mahasiswa

Sering bingung apakah grammar yang telah kamu tulis sudah benar atau belum? Atau bingung mencari terjemahan kata yang tepat? Lantas gimana cara ngecek karya kita apakah sudah bebas dari plagiat? Nah, kamu bisa menggunakan beberapa website berikut ini untuk memudahkan pekerjaanmu!

  • Grammarly

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bukan? Yapss benar website ini sangat akrab digunakan untuk memeriksa grammar atau tatabahasa dalam abahsa inggris. Tak hanya tata bahasa, melalui Grammarly kamu juga bisa memeriksa ejaan sekaligus memperbaiki typo. Sangat membantu dalam proofreading sebelum tulisanmu dikumpulkan ke dosen.

  • DeepL

DeepL cocok banget digunakan sebagai alat penerjemah ketika kamu mendapatkan tugas atau harus memahami referensi berbahasa Inggris. Website ini bisa menerjemahkan teks dengan akurat dan mudah dipahami karena menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

  • Plagiarism Checker

Last but not least, teman-teman mahasiswa bisa memanfaatkan website Plagiarism Checker untuk memastikan bahwa tugas tulisan yang kalian kerjakan adalah karya orisinal dan tidak menjiplak tulisan milik orang lain. Jangan sampai tugasmu sudah diserahkan ke dosen, tapi ternyata terdeteksi meniru karya orang lain tanpa izin.

Nah, itu tadi sederet tools AI dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan dalam mengerjakan tugas. Semoga dengan AI tools ini, tugas-tugas kamu bisa lebih cepat selesai dan nggak perlu begadang lagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button