Cara Merekam Layar Di Laptop Dan PC

Cara Merekam Layar di Laptop dan PC – Merekam layar di laptop atau pc terkadang sangat membantu dalam berbagai hal, seperti merekam perkuliahan online, merekam seminar online, merekam gameplay video game, membuat video tutorial dan lain sebagainya. Merekam layar laptop sebenarnya sangatlah mudah, bahkan pada sistem operasi windows 10 sudah terinstall aplikasi perekam layar (screen recorder) secara otomatis dan dapat digunakan dengan mudah.

Cara Merekam Layar Di Laptop Dan PC

Terdapat beberapa cara untuk merekam layar (screen recording) pada laptop ataupun pc, baik itu dengan aplikasi bawaan dari windows 10 maupun aplikasi tambahan, untuk itu berikut adalah beberapa cara untuk merekam layar di laptop atau pc dengan mudah.

  • Tanpa Aplikasi Tambahan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pada sistem operasi windows 10 sudah memiliki aplikasi perekam bawaan yang bernama windows xbox gaming bar, aplikasi ini dapat merekam layar hanya dengan melakukan kombinasi tombol Win + Alt + R atau dengan cara manual yaitu kombinasi tombol Win + G untuk membuka xbox gaming bar, selanjutnya pencet tombol record pada menu broadcast & capture. Kelemahan dari aplikasi bawaan windows 10 ini adalah kita tidak dapat mengatur dengan bebas kualitas dari rekaman layar kita, selain itu pada beberapa versi hanya dapat merekam aktivitas gaming saja.

  • OBS

Nah, salah satu aplikasi perekam layar gratis terbaik adalah OBS, aplikasi ini sangat populer bahkan sering digunakan oleh para content creator di youtube dan juga streamer. Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan, seperti penggunaanya yang mudah, kustomisasi format rekaman yang lengkap dan juga mendukung kegiatan streaming di berbagai platform seperti youtube dan twitch.

OBS ini tidak hanya dapat merekam kegiatan gaming saja, namun segala kegiatan yang dilakukan di laptop atau pc dapat direkam menggunakan aplikasi ini, Namun jika ingin menggunakan aplikasi OBS ini pastikan laptop atau pc kalian memiliki spesifikasi yang cukup.

  • Camtasia

Jika kalian ingin menggunakan aplikasi yang berbayar, salah satu rekomendasi terbaik adalah camtasia, keunggulan dari camtasia ini kita dapat langsung mengedit video hasil rekaman pada layar laptop atau pc. Bahkan fitur editingnya pun dapat dibilang cukup lengkap. Seperti layaknya OBS kita dapat mengatur kualitas dan format rekaman layar, dan juga kita dapat merekam berbagai kegiatan tidak hanya gaming saja. Camtasia sendiri saat ini dibandrol dengan harga $249,99 untuk selamanya.

Nah, itulah tadi beberapa cara untuk merekam layar laptop atau pc, sebenarnya masih banyak cara untuk merekam layar pada laptop atau pc, seperti menggunakan shadow palay dari Nvidia, Atomi Active yang dapat digunakan pada Windows dan Mac dan beberapa aplikasi lainya, untuk aplikasi mana yang terbaik, itu tergantung dari masing-masing pengguna, karena kegiatan dan spesifikasi tiap pengguna pastinya berbeda.