Cara Mudah Membuka File Berformat Iso

Cara Mudah Membuka File Berformat Iso – Terdapat banyak sekali format file yang dapat dibaca oleh sistem operasi pada komputer maupun smartphone jaman sekarang, format-format tersebut diantaranya .exe, .txt, .docx, .xml, .rar, .zip, .iso dan masih banyak lagi. Format-format diatas tentunya diperuntukan untuk hal-hal khusus yang berbeda antara satu dengan lainya, seperti exe untuk aplikasi, docx untuk dokumen, rar untuk archive dan sebagainya. Salah satu format file yang sering kita temui adalah format iso, yang dimana banyak digunakan pada installasi software maupun sistem operasi seperti linux.

Pada dasarnya format file iso adalah sebuah format file yang biasanya digunakan untuk CD, DVD, ataupun Blu-ray disc, namun saat ini file berformat iso ini banyak digunakan untuk membuat backup sebuah file atau dapat juga digunakan sebagai kompresi sebuah file sehingga lebih mudah untuk di upload maupun di download. Namun terkadang untuk membuka file dengan format khusus seperti zip, rar dan iso diperlukan aplikasi tambahan khusus untuk membukanya. Nah, karena masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuka file berformat iso ini kali ini kita akan membahas tutorialnya.

Cara Mudah Membuka File Berformat Iso

Untuk membuka file berformat iso sebenarnya sangatlah mudah, bahkan dapat kita lakukan baik di windows (laptop/komputer) ataupun android (smartphone), kita hanya perlu sebuah menginstall aplikasi tambahan saja, dan untuk lebih lengkapnya dapat mengikuti tutorial dibawah.

  • Tutorial untuk Windows

Untuk mengakses file berformat iso pada sistem operasi windows baik itu windows 7, windows 8 maupun windows 10 kita dapat menggunakan aplikasi yang bernama winrar, dan dibawah ini adalah tutorial lengkapnya.
  1. Download dan Install aplikasi Winrar pada komputer atau laptop kalian, unutk mendownloadnya dapat melalui sistus resminya melalui link ini, dan pastikan kalian mendownload sesuai sistem operasi kalian.
  2. Setelah terinstall selanjutnya cari file iso yang ingin kalian akses.
  3. Klik kanan pada file tersebut dan pilih Extract Files, dan pilih lokasi dimana file tersebut akan kalian simpan.
  4. Tunggu hingga proses extract selesai, dan file iso yang telah diextract tadi sudah dapat kalian akses.
  • Tutorial untuk Android

Sama seperti tutorial pada windows, kita juga diharuskan menginstall aplikasi tambahan agar dapat mengakses file berformat iso pada Android, aplikasi tersebut bernama ZArchiver, dan berikut adalah tutorial lengkapnya.
  1. Download dan Install aplikasi ZArchiver pada Android kalian, untuk mendownloadnya kalian dapat melalui Play Store ataupun dengan link ini.
  2. Setelah terinstall, cari dimana lokasi file iso yang ingin kalian akses.
  3. Selanjutnya klik pada file iso tersebut dan pilih Extract dan tentukan lokasi dimana kalian ingin kalian simpan, setelah itu pilih icon pada pojok kanan bawah untuk memulai proses extreactnya.
  4. Tunggu hingga proses extract selesai, setelah proses extract seselai file tersebut sudah dapat kalian akses.
Nah, itulah tadi tutorial untuk mengakses,membuka dan mengextract file berformat iso dengan mudah di Android maupun Komputer atau Laptop. Selain kedua aplikasi diatas kalian juga dapat menggunakan aplikasi-aplikasi lainya seperti 7zip, PowerIso, UltraIso dan masih banyak aplikasi gratis lainya.